Menghindari Pikiran Negatif Yang Seringkali Muncul

Pikiran Negatif
Tanpa disadari, kita telah memperpanjang masalah kita dengan meleparkan masalah itu ke masa depan. Sedangkan kita sedang berjalan ke arah sana.

Silahkan cerna dulu kalimat diatas, pahami dulu, jangan lanjut ke tulisan berikutnya.

Masalah sebenarnya bukanlah kondisi di luar kita, bukan tagihan yang menuntut dibayar, bukan pembeli yang batal membayar, tapi dalam diri kita, pikiran kita sendiri.

Saat pikiran kita terinfeksi oleh keyakinan “saya sedang kesulitan” maka seketika seluruh potensi diri terikat sehingga sulit untuk berkreasi.

Lalu mulut ikut-ikutan bersuara, memindahkan isi pikiran dalam getaran udara ke semesta, melemparkan energi negatif ke masa depan.

Tak sadar, pikiran pun percaya bahwa hal negatif lah yang layak ia terima, maka dirinya ketakutan, semakin cemas, semakin tertekan. Lalu diucapkan lagi, melempar energi negatif lagi ke masa depan.

Di masa berikutnya, hidup seperti menemui hasil lemparan energi itu, secara beruntun mengalami kejadian yang ditakutkan. Pikiran semakin percaya bahwa dia buruk.

Mau sampai kapan?

Kenyataannya, ketakutan itu diciptakan sendiri, tekanan hidup itu dibuat sendiri. Sebab selama kita hidup menuju hari esok dan esok lagi, selalu ada hal baru yang bisa kita alami.

Merasa dan berfikir bahwa masa depan akan sama dengan masa lalu, itulah masalahnya. Hasil pikiran sendiri.

Lalu bagaimana melawan ketakutan itu? Jangan dilawan, jangan menolak gambaran negatif di pikiran sendiri. Tapi terima, akui dia ada.

Lalu, ucapkan istighfar sampai merasa lega, ucapkan dengan lirih berulang kali. Atau ucapkan “aku memgasihimu, aku menyesal, maafkan aku, terima kasih” diulang-ulang sampai merasa lega.

Bila merasa sesak, mual, bahkan muntah, terima saja. Lanjutkan terus sampai lega. Sampai pikiran negatif hilang sendiri berganti rasa nyaman, lega, atau bahagia.

👍 TRENDING :   Tips Agar Tidak Mudah marah pada siapa pun

Penyebab berpikir negatif

Berpikir negatif terus-menerus hingga mengganggu merupakan gejala gangguan obsesif kompulsif (Obsessive Compulsive Disorder), gangguan kecemasan umum (Generalized Anxiety Disorder), dan kondisi kesehatan mental lainnya. Jadi, sebaiknya kamu mengetahui penyebabnya untuk mengatasi pikiran ini. Menurut Power of Positivity, ada tiga penyebab utama pikiran negatif, yaitu:

1. Ketakutan akan masa depan
Orang sering takut akan hal yang tidak diketahui dan tidak yakin apa yang akan terjadi di masa depan. Akhirnya, kamu selalu memprediksi kegagalan dan bencana. Dengan cara apa pun kamu melihatnya, mengkhawatirkan masa depan adalah buang-buang waktu dan energi. Kunci untuk melepaskan pikiran negatif ini adalah menerima kenyataan bahwa untuk mengubah masa depan kamu harus fokus pada saat ini. Membuat perencanaan masa depan juga bisa membantu kamu mengurangi kekhawatiran.

2. Malu akan masa lalu
Pernahnya kamu mengkhawatirkan dan memikirkan sebuah kesalahan atau kegagalan sesuatu di masa lalu? Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Orang yang berpikiran negatif biasanya akan berkutat pada rasa malu akibat kesalahan di masa lalu.

3. Kecemasan akan masa kini
Banyak orang khawatir tentang apa yang dipikirkan orang lain tentang kita, apakah kita melakukan pekerjaan dengan benar, apakah keputusan yang saya buat bisa diterima orang lain, apakah hal yang saya ungkapkan menyakiti orang lain, dan sebagainya..
Pemikiran negatif selalu datang dengan skenario terburuk. Tidak ada yang suka dengan saya di kantor, keputusan yang saya ambil ternyata menyebabkan kesalahan fatal, atau kata-kata saya terlalu jujur dan menyakitkan.

Masalah kecemasan berasal dari rasa takut kehilangan kendali. kamu bisa mengatasinya dengan melakukan segala pekerjaan dengan rapi dan rutin. Rutinitas membantu kamu memiliki kendali terhadap hidup dan mencegah munculnya pikiran negatif.
Selain itu, coba terapi praktis, seperti mindfulness dan teori stoicism untuk menghilangkan rasa ini.

👍 TRENDING :   Antara Menuntut dan Menerima

Wallahu’alam
Seumber : Ahmad Sofyan Hadi
Penulis Buku Reset Hati Instal Pikiran

Originally posted 2022-03-05 16:12:33.